Google+ Badge

Rabu, 14 November 2012

Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

Jul 29, 2012
Apa manfaat internet? Beberapa manfaat internet telah kamu ketahui dari pembahasan di depan. Kamu akan tahu lebih banyak manfaat internet bila mengetahui apa saja yang ada dalam internet. Menurut Edy Purwanto (www.litbang.depkes.go.id/ tik/media/Pengantar_WWW.doc), isi internet bisa dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu isi untuk kehidupan pribadi dan isi untuk layanan profesional. Sebagian dari isi internet untuk kehidupan pribadi antara lain informasi kesehatan, rekreasi, hobi, pengembangan pribadi, penyejuk rohani, dan informasi sosial. Sedangkan isi internet untuk kehidupan profesional (menyangkut pekerjaan dan karir) antara lain informasi sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, dan berbagai forum komunikasi. Bila semua informasi ada di genggaman tanganmu, kamu bisa menguasai dunia dan menentukan apa yang harus diperbuat. Dan bila internet bisa dinikmati semua orang, kamu bisa membayangkan sendiri manfaat yang bisa didapat.

Manfaat internet bagi dunia pendidikan

Di kelas VII kamu sudah mempelajari peran dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi. Beberapa di antaranya merupakan peran dan manfaat teknologi internet seperti e-government, e-learning, e-commerce, e-business, dan internet banking. Coba kamu buka dan pelajari kembali bab tersebut! Dalam situs http://perpustakaanonline. blogspot.com, disebutkan beberapa manfaat lain dari teknologi internet, yaitu sebagai berikut. Nah berikut adalah Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan...

1. Internet Sebagai Gudang Informasi

Dengan adanya internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi siapa saja. Penyebaran informasi berlangsung cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Dengan memanfaatkan fasilitas search engine atau mesin pencari, pencarian informasi dapat dilakukan dengan mudah, baik berupa data, berita, file, gambar, musik, maupun film. Beberapa ensiklopedi online juga bisa dijadikan acuan untuk menambah pengetahuan. Contoh yang cukup populer adalah Wikipedia (http://id.wikipedia.org). Melalui internet, kamu juga bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan pengguna lain. Contohnya adalah membuat situs pribadi (blog atau weblog) untuk berbagi cerita atau pengetahuan dan berpartisipasi dalam komunitas tertentu lewat internet.
Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

2. Internet Sebagai Berita Online

Sekarang tidak perlu menunggu hingga pagi untuk membaca berita terbaru. Banyak halaman web (halaman di situs internet) yang menyediakan berita-berita dunia secara up-to-date (selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada). Berita apa saja ada, mulai dari olahraga, politik, keuangan, sains dan teknologi, cuaca, ekonomi, budaya, dan sebagainya. Sebagian surat kabar/majalah yang ada di Indonesia juga menyediakan layanan berita online.
Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

3. Internet Sebagai Perpustakaan Online

Bentuk khusus dari internet sebagai gudang informasi adalah tersedianya fasilitas perpustakaan online, yang kumpulan-kumpulan situs-situs web dari perpustakaan kelas dunia. Di situs ini, kamu dapat membaca buku secara online maupun offline (isi situs diunduh atau disimpan di komputer terlebih dulu, sehingga dapat dibaca tanpa memerlukan koneksi internet). Buku apa saja ada, mulai dari ensiklopedi, novel, buku pelajaran, teknologi, komputer, komik, dan sebagainya. Ingat, tidak semua buku ini tersedia secara gratis. Ada beberapa situs yang mengharuskan kita membeli secara online atau membayar iuran sejumlah tertentu. Berikut ini beberapa situs internet penyedia perpustakaan online.
  1. http://onlinebooks.library.upenn.edu/
  2. http://perpustakan-online.blogspot.com

4. Internet Sebagai Pendidikan Jarak Jauh

Internet sebagai gudang informasi dan perpustakaan online serta kemampuannya untuk membangun komunikasi interaktif memungkinkan untuk dilakukan pendidikan jarak jauh. Pendidikan jarak jauh artinya guru dan siswa atau dosen dan mahasiswa tidak harus selalu berada di satu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan. Lho, kok bisa? Ya. Siswa dapat mengakses situs web sekolah mereka dan mengikuti proses pendidikan melalui komputer yang ada di depannya. Kapan saja, selama 24 jam sehari. Tak peduli sedang berada di mana, di rumah atau ketika sedang bepergian. Materi pelajaran yang harus dikuasai siswa telah disediakan oleh guru di situs web itu. Jika membutuhkan konsultasi, siswa dapat berinteraksi dengan guru melalui email (surat elektronik), chatting, atau bercakap-cakap langsung lewat telepon internet. Konsep ini sering disebut e-learning. Di internet terdapat banyak situs yang menyajikan materi pelajaran untuk jenjang pendidikan tertentu. Ada pula situs-situs yang membahas pengetahuan umum dalam bidang tertentu. Informasi seputar dunia pendidikan juga mudah dijumpai di internet. Beberapa contoh situs pendidikan adalah sebagai berikut.
  1. http://jardiknas.net, situs pendidikan resmi Departemen Pendidikan Nasional. Di dalamnya terdapat link ke situs-situs sekolah/perguruan tinggi dan situs lain yang erat dengan dunia pendidikan
  2. http://www.e-dukasi.net, menyajikan materi pelajaran dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK dengan sistem pembelajaran interaktif.
  3. http://www.e-smartschool.com/
  4. http://www.bukamata.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar